Selasa, 26 Oktober 2010

selingan

GUNUNG MERAPI

1. geografis : Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga saat ini. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Letaknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m


ketinggian : 2.950 mdpl


2. juru kunci : BANYAK orang mengatakan bahwa Mbah Maridjan adalah juru kunci Gunung Merapi. Padahal, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan kepada para wartawan, bahwa Mbah Maridjan bukan juru kunci Gunung Merapi. Melainkan, juru kunci keraton yang mendapat titah (tugas) dari keraton untuk melaksanakan upacara budaya tradisional di Gunung Merapi.  Tentu saja itu tidak akan tampak bila dipandang dengan mata biasa. Ponimin, yang kini banyak dibicarakan akan menggantikan Mbah Maridjan sebagai juru kunci Merapi, melihatnya dengan mata batin.


Tidak banyak orang yang bisa melihat seperti yang dilihat Ponimin. Namun, masyarakat Jawa tradisional percaya mengenai hal itu. Ponimin, yang mengaku mendapat bisikan dari penghuni Merapi bahwa gunung itu akan meletus, percaya bahwa Merapi merupakan keraton, tempat pendiri Kerajaan Mataram, Panembahan Senopati berada.

3. aktifitas : 20 september Status Gunung Merapi dinaikkan dari Normal menjadi Waspada oleh BPPTK Yogyakarta. 21 Oktober, Status berubah menjadi Siaga pada pukul 18.00 WIB. 25 Oktober, BPPTK Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi menjadi Awas pada pukul 06.00 WIB. 26 Oktober, Gunung Merapi memasuki tahap erupsi. Menurut laporan BPPTKA, letusan terjadi sekitar pukul 17.02 WIB. Sedikitnya terjadi hingga tiga kali letusan. Letusan diiringi keluarnya awan panas setinggi 1,5 meter yang mengarah ke Kaliadem, Kepuharjo. Letusan ini menyemburkan material vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km.[3] 27 Oktober, Gunung Merapi pun meletus. Dari sekian lama penelitian gunung teraktif di dunia ini pun meletus. 28 Oktober, Gunung Merapi memuntahkan Lava pijar yang muncul hampir bersamaan dengan keluarnya awan panas pada pukul 19.54 WIB. [4]


4. efek : NEGATIF karena banyak nyawa yang hilang dan  penduduk disekitar merapi banyak yang kehilangan harta benda mereka dan ternak mereka yang mati , karena terkena abu vulkanik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar